Yogya adalah Jogja

Namanya juga daerah istimewa, tidak heran kalo banyak hal yang istimewa terkait Jogja. Salah satunya tentang penyebutan nama daerah (kota). Jogja sendiri adalah penyederhanaan kata yang merujuk pada Daerah Istimewa Yogyakarta (daerah setingkat provinsi). 

Kalau ditanya orang luar daerah, rumahmu mana? ya otomatis jawabnya, Jogja. Padahal bisa jadi rumahnya Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul atau kota Yogyakarta itu sendiri. Sekadar untuk penyederhanaan (memudahkan).

Atau, misalkan ditanya, kemarin liburan kemana aja? Anu, dari Pantai Parangtritis Jogja, padahal Pantai Parangtritis letaknya di kabupaten Bantul 😄

Ya, tapi itu semua masih bisa dimaklumi, hal tersebut terjadi juga di daerah lain kok... Yang kadang rancu adalah kata Yogya. Kata Yogya ini sebenarnya juga merujuk ke hal yang sama, yakni Jogja.

Apakah Yogya dan Jogja itu sama?

Jawabannya adalah sama.

Namun.... pada kenyataannya, Yogya juga nama (brand) sebuah toserba. Jadi kalo kita melakukan pencarian di Google misalnya, dengan kata kunci Yogya, yang muncul adalah web dari toserba tersebut.

Bahkan website resmi Yogyakarta saja posisinya di bawah website toserba Yogya ini. Jadi, di mesin telusur Google, banyak yang melakukan pencarian dengan kata kunci "promo Yogya", "diskon Yogya", dan segala kata yang terkait dengan toserba.

Yah tapi gimana lagi, namanya juga Daerah Istimewa, nama pun juga istimewa. Yang penting, mulai sekarang harus jelas, Yogya yang dimaksud adalah daerah atau toserba.

Dan jangan bingung juga, kalau ada yang menyebut dengan Jogja, Yogja, Jogya, dan seabrek sebutan lain, intinya merujuk ke sebuah daerah di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salam Yogya