Presiden Joko Widodo Evaluasi Persiapan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN

Foto Jokowi dengan Chef Arnold Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN
Foto Jokowi dengan Chef Arnold Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN

Presiden Joko Widodo memeriksa persiapan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (6/7/2023).

Dalam video yang diunggah oleh Sekretariat Presiden di YouTube, Rabu, Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan koki Arnold Poernomo meninjau menu makanan yang akan disajikan.

Arnold, yang diberikan tanggung jawab untuk menyiapkan makan malam KTT ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjelaskan bahwa untuk KTT ke-43 ASEAN ini, ia telah mengundang koki-koki istimewa sebagai bintang tamu.

Menurut Arnold, menu Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN akan mengikuti tema Nusantara on The Forest. Permintaan utama adalah makanan yang memiliki penampilan mewah, megah, dan lezat.

"Pastinya, koki-koki muda, seperti teman-teman kami yang ada di sini, akan tampil dalam acara internasional KTT ini dengan memamerkan keahlian kuliner Indonesia dalam acara yang luar biasa ini," ungkapnya.

Sementara itu, chef Degan Septoadji berharap dapat memperkenalkan masakan Indonesia ke tingkat internasional.

"Dalam hal penampilan dan rasa, kami ingin menjaga rasa otentik, tetapi teknik memasaknya harus sesuai dengan standar internasional," katanya.

Degan berharap bahwa masakan Indonesia akan diterima dengan baik oleh para kepala negara dan tamu undangan Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN.

"Kami berharap bahwa para tamu di KTT ASEAN akan melihat bahwa masakan Indonesia layak bersaing di dunia internasional, dan saatnya masakan kita menjadi terkenal di seluruh dunia," ujar Degan.

Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN juga akan menampilkan tarian tradisional, yang dapat disaksikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu mulai pukul 19.30 WIB.