September Ini Jogja Dingin Sekali

Prakiraan Cuaca Yogyakarta
prakiraan cuaca DIY by BMKG

Entah dengan daerah lain, yang jelas memasuki bulan September ini Jogja terasa dingin sekali. Meski begitu.... tetap semangat ya, buat para pejuang sekolah / kuliah, pejuang rupiah, warga Jogja pada umumnya, jangan lupa olahraga, jaga kesehatan, makan minum yang bergizi... Berikut ini sedikit tips dari Yogya.info buat kalian tetep sehat ketika cuaca dingin.

Tips menghadapi udara dingin:

  1. Penuhi kebutuhan kalori harian: Untuk menjaga suhu tubuh stabil saat cuaca dingin, konsumsilah makanan hangat. Kalori dalam makanan membantu tubuh bekerja dan mempertahankan suhu tubuh.
  2. Tetap aktif bergerak (olahraga): Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan mental. Tidak peduli apa pun kondisi cuaca yang sedang melanda, Anda masih dapat menjaga aktivitas fisik Anda. Misalnya, cobalah untuk berjalan-jalan singkat di sekitar rumah atau melakukan beberapa jenis olahraga ringan di dalam ruangan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat terus merawat kesehatan Anda sepanjang tahun, tanpa terganggu oleh cuaca yang tidak bersahabat.
  3. Menjaga tubuh tetap kering: Untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, pastikan Anda tetap kering. Jika basah kuyup karena hujan, segera ganti pakaian. Jaga diri Anda agar tidak terkena hujan dengan membawa payung saat di luar rumah. Hindari risiko turunnya suhu tubuh.
  4. Minum air putih hangat: Atau jika perlu konsumsi jahe panas, karena jage dipercaya berkhasiat dapat meningkatkan suhu tubuh. 
  5. Istirahat yang cukup: Tidur yang cukup adalah faktor kunci yang sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda dan juga berperan besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Seiring dengan berbagai manfaatnya, cobalah untuk memastikan Anda mendapatkan durasi tidur yang optimal, yakni minimal 7 hingga 8 jam setiap harinya. Dengan tidur yang cukup, tubuh Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan, menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. Jadi, jangan remehkan pentingnya tidur yang berkualitas dalam menjaga kesejahteraan Anda.
  6. Gunakan pakaian hangat: Pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai untuk suhu dingin. Gunakan pakaian yang cukup tebal seperti kaos dalam, sweater, dan jaket tebal untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat. Bila perlu, gunakan topi, sarung tangan dan syal, terlebih jika harus pergi dengan mengendarai motor.

Jadi, kalau sekira di bulan ini ada rencana bepergian menikmati wisata Jogja, harap dipersiapkan segala sesuatunya ya....