HTM Borobudur Berapa

HTM Borobudur Berapa

Salah satu tema yang sedang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini adalah rencana pemerintah melalui Menteri Luhut Binsar Panjaitan (LBP) untuk menaikkan harga tiket masuk Borobudur menjadi:

  • Wisatawan Lokal 750.000
  • Wisatawan Mancanegara $100
  • Pelajar 5.000

Dasar penetetapan tarif tersebut apa? Begitulah kira-kira yang menjadi pertanyaan banyak orang saat ini. Dari sisi harga, jelas angka 750rb tersebut tergolong tidak murah untuk rerata kemampuan ekonomi masyarakat kita. 

Meski sudah ramai diperbincangkan di media sosial, namun sampai saat ini pemerintah belum memberikan tanggapan resmi terkait hal tersebut. 

Emotion 

Kalau dasarnya untuk menjaga kelestarian Borobudur, apakah dengan mematok tarif setinggi itu cukup efektif? Jangan-jangan malah membawa efek negatif terhadap ekonomi warga sekitar Borobudur yang selama ini menggantungkan nafkahnya dari wisatawan yang berkunjung... kalau situs jadi sepi? siapa yang harus bertanggung jawab?

Knowledge 

Borobudur memang menjadi salah satu tujuan favorit wisata di wilayah Jogja dan Jawa Tengah, hampir setiap sekolah yang mengadakan study tour ke wilayah tersebut menuliskan salah satu destinasinya adalah Candi Borobudur.

Dan diakui atau tidak memang tingkah laku wisatawan kadang ya cukup bikin gemes juga, sudah ada tulisan larangan naik masih tetep aja manjat / naik... Perilaku seperti ini memang harus dihilangkan mengingat betapa berharganya Borobudur sebagai situs peninggalan sejarah dan juga sekaligus menjadi tempat ibadah saudara kita warga Budha.

Update 9 Juni 2022

Pak Luhut membatalkan rencana menaikkan tarif tiket ke 750.000 tapi tetap akan melakukan penyesuaian aturan di masa yang akan datang demi Borobudur yang lebih baik.