Apa Kelebihan Laptop Gaming?

ilustrasi laptop gaming
ilustrasi laptop gaming

Adalah lumrah bagi seorang produsen mengeluarkan produknya sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Termasuk juga laptop, mempunyai segmen pasar yang berbeda-beda. Segmen pasar sendiri biasanya berdasarkan kategori tertentu, misalnya segmen pasar berdasar usia, ada laptop untuk anak, laptop mahasiswa, dan mungkin laptop untuk segmen orang tua. Ada juga segmen laptop berdasar profesi, ada laptop yang sifatnya generik (umum), ada laptop untuk profesi desain grafis, ada laptop untuk programmer, dan ada juga laptop khusus yang menargetkan gamers. Seorang gamers tidak mungkin menggunakan laptop yang memang diproduksi untuk menjalankan tugas umum sehari-hari kaan? Karena emang game itu sendiri umumnya butuh laptop  dengan performa tinggi.

Laptop gaming sendiri memang dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik ketika nge-game. Tapi hal ini ternyata tidak hanya soal performa saja, laptop gaming ternyata mempunyai beberapa kelebihan lain yang mungkin bisa jadi hal yang dipertimbangkan ketika mau membeli sebuah laptop. Dan berikut ini beberapa kelebihan laptop gaming.

Kelebihan Laptop Gaming

1. Performa

Hal ini sudah jelas, no debat, tidak perlu diragukan lagi, karena rerata orang membeli laptop gaming yang dicari ya performanya. Biasanya dibekali dengan chip prosesor dan grafis terkini untuk mendongkrak performa ketika dipake memainkan game. Misalnya laptop dengan Nvidia RTX 4090 sebagai kartu grafis, tentunya akan dengan mudah melibas game-game berat.

2. Display

Setelah prosesor, RAM dan kartu grafis khusus, laptop gaming biasanya juga menggunakan display khusus yang menunjang untuk bermain game, misalnya dengan refresh rate yang tinggi, dan lain sebagainya.

3. Mudah Di Upgrade

Hal ini penting, mengingat perkembangan teknologi sangatlah cepat, sesuatu yang sekarang rasanya udah paling unggul atau cepat, bisa jadi 6 bulan lagi udah out of date alias ketinggalan jaman. Untuk mengatasinya, produsen laptop gaming biasanya mengusung konsep modularity, artinya beberapa dari komponen laptop dapat diganti atau di upgrade ke spek yang lebih tinggi.

4. Desain?

Kalau yang ini debatable sih, tapi bagi penulis sendiri, desain keren memang oke.... bisa mendongkrak nilai jual diri, hehehe... tapi sebenarnya tidak penting-penting amat. Tapi mungkin bagi pengguna lain, desain itu penting, misal keyboard yang udah dipasang lampu RGB, logo yang bisa menyala, bentuk yang biasanya gahar, dan lain sebagainya.

5. Lebih Awet?

Ada harga ada kualitas, di luar spek yang sudah disebutkan di atas, biasanya laptop gaming memiliki built material tinggi, sehingga cenderung lebih awet dibanding laptop pada umumnya (dengan catatan penggunaan sewajarnya, ndak yang brutal-brutal amat... heheheh....)

Sebagai kesimpulan, harga laptop gaming memang lebih mahal, namun jika dibandingkan dengan teknologi yang diusung serta fleksibilitas upgrade, bisa jadi memang sebanding dengan harga yang harus ditebus. So, pilih yang mana jadinya?